JavaScript Disabled

Walaupun harus bersusah payah untuk mencari diluasnya dunia maya, Kemarin sempat masih bisa untuk download film yang akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan dan menjadi
perdebatan banyak orang.

Film itu mempunyai title FITNA. Menurut pendapat pendapat pribadi dan pendapat beberapa orang di internet, kemungkinan judul itu diambil dari bahasa Arab yang artinya Fitnah atau Kebohongan.

Yang jika dilihat dari sudut pandang umat islam, title tersebut bermakna, Film ini adalah suatu fitnah yang ditujukan kepada umat islam.
Sedang jika dipandang dari sudut pandang agama lain (terutama yang tidak suka pada agama islam), title tersebut mempunyai arti lain, Film ini menunjukkan seperti apakah Islam itu sebenarnya.


Sebenarnya, penulis ingin menceritakan lebih detail mengenai film yang berdurasi kurang dari 20 menit ini, tapi berhubung masalah ini amat sangat sensitif, penulis berpikir untuk lebih baik menceritakan garis besarnya saja.

Diawal film diceritakan pertumbuhan agama islam di negeri Belanda. Dimulai dari (kalau tidak lupa) tahun 1906 dengan total umat islam terbilang masih puluhan sampai dengan tahun 2007 dimana umat islam sudah mencapai lebih dari angka 5 jutaan.

Setelah itu, terdapat tulisan Netherland in the future. kemudian ditampilkan beberapa headline berita,gambar dan potongan klip yang kelihatannya sangat memojokkan umat islam.
Ada juga beberapa komentar dari orang islam Belanda. Tentang bagaimana pendapat umat islam tentang hubungan sesama jenis (Gay atau Lesbian).
Sampai akhirnya, terdapat kesimpulan dari si pembuat film.

Film ini memang mengundang Pro dan Kontra dari berbagai pihak. Sudah banyak situs yang menampilkan atau meng-sharing film itu yang mendapat surat protes dari umat islam, yang pada akhirnya konten dari film itu akan diblok atau dihapus oleh pemilik situs. Ada juga situs yang kena deface lantaran tidak mau menghapus atau memblok konten film itu.

Benar atau tidaknya makna yang terkandung dari film itu, semuanya kembali pada masing-masing individu, karena menurut penulis sendiri, film itu sebenarnya lebih kepada pendapat pribadi dari si pembuat film.

Setelah menonton film ini, kita mungkin akan berpikir,
Jadi, Keyakinan siapakah yang paling benar ?

Untuk mengetahui kebenaran masalah keyakinan, kita hanya bisa mengetahuinya, bila kita sudah menghadap-Nya ...

Sumber : ME

1 Whisper

  1. Anonymous [ August 4, 2011 at 3:19 PM   ]

    mantab gan.
    deep analysis

Post a Comment

Please, your comment must related with current posting otherwise your comment will mark as Spam.